Minggu, 28 Februari 2010

Materi Akuntansi Perbankan

AKUNTANSI PERBANKAN

Pengertian Bank

Ada beberapa pengertian bank yang dikemukakan oleh para pakar ekonomi dan perbankan:

1) Bank adalah suatu badan atau lembaga yang bertugas menghimpun dana dari pihak ketiga dan kemudian menyalurkannya kepada pihak – pihak yamg memerlukannya.

2) Bank adalah suatu badan yang mempunyai tugas utama sebagai perantara untuk menyalurkan penawaran dan permintaan kredit pada waktu yang ditentukan.

3) Bank adalah lembaga keuangan yang usaha pokoknya memberikan kredit dan jasa – jasa dalam lalu lintas pembayaran dan peredaran uang.

Fungsi, Tujuan Serta Jenis – jenis Bank

Secara teoritis bank dibedakan menjadi 5 jenis :

1) Bank Sentral (Central Bank), yang tugas pokoknya membantu pemerintah dalam mengatur dan memelihara stabilitas nilai uang serta program – program yang sifatnya ditujukan untuk meningkatkan perekonomian dan kesejahteraan masyarakat.

2) Bank umum (Commercial Bank), ialah bank yang dalam pengumpulan dananya terutama menerima simpanan dalam bentuk giro dan deposito dalam usahanya memberikan kredit jangka pendek.

3) Bank Pembangunan (Development Bank), ialah bankyang dalam .pengumpulan dananya terutama menerima simpanan dalam bentuk deposito dan/atau mengeluarkan kertas berharga jangka menengah dan panjang di bidang pembangunan.

4) Bank Tabungan (Saving Bank), ialah bank dalam pengumpulan dananya terutama menerima simpanan dalam bentuk tabungan dalam usahanya memperbungakan dananya dalam kertas berharga.

5) Bank Rural (Rural Bank), ialah bank yang menerima simpanan dalam bentuk uang dan dalam bentuk natura dan usahanya dutujukan untuk meberikan kredit janka pendek dalam bentuk uang dan dalam bentuk natura pada sector pertanian dan pedesaan. Bank rural ini disebut bank desa atau bank sekunder karena berusaha untuk memberikan kredit, maka disebut sebagai Bank Perkreditan Rakyat.

Berdasarkan fungsinya bank dapat ditinjau dari berbagai segi yaitu:

1) Bank sebagai penerima kredit

2) Bank sebagai pemberi kredit

3) Bank sebagai pelaksana atau pelayan pembayaran.

4) Bank sebagai penyimpan barang berharga.

5) Bank sebagai agen penerbitan surat – surat berharga.

6) Bank sebagai pengelola dana.

7) Bank sebagai pengawas harta.

8) Bank perantara pengurusan penerbitan alat pembayaran khusus.

Perbankan Indonesia dalam melakukn usahanya berasaskan demokrasi ekonomi berdasarkan Pancasila dan undang – undang 1945, dengan menggunakanprinsip kehati – hatian. Fungsi utama perbankan Indonesia adalah sebagai penghimpun dan penyalur dana masyarakat.

Produk Perbankan

\ Tabungan

Simpanan yang dapat diambil berdasarkan kesepakatan dan media yang dipakai buku atau kartu sebagai penarikan.

\ Giro

Seperti halnya tabungan simpanan yang dapat diambil sewaktu – waktu biasanya banyak orang menggunakan cek atau ATM sebagai medianya/penarikan.

\ Deposito

Simpanan untuk jangka waktu tertentu yang dapat diambil setelah jatuh tempo.

- Menggunakan bilyet sebagai tanda bukti simpanan

- Mendapatkan bunga yang dibayarkan tiap akhir bulan.

Jasa

Pelayanan bank terhadap nasabah tanpa menggunakan modal tunai. Biasanya bank menerima imbalan (fee). Produk jasa yang biasa diselenggarakan oleh bank:

- Jasa pengiriman uang (transfer), yaitu suatu pelayanan yang diselenggarakan bank dalam hal pengiriman sejumlah uang yang diamanatkan nasabah, baik dalam mata uang rupiah atau asing. Yang ditujukan kepada pihak lain.

- Jasa penagihan (Inkaso), yaitu pemberian kuasa dari perorangan atau perusahaan kepada bank untuk menagihkan, atau memintakan persetujuan pembayaran (akseptasi) atau menyerahkan begitu saja kepada pihak yang tertarik ditempat lain atas surat – surat berharga bernilai rupiah atau mata uang asing.

- Jasa perdagangan dalam negri dengan pembukaan letter of credit (L/C).

- Safe deposit box

- Jasa penukaran uang asing (Valas/bank NOR).

Arsitektur Perbankan Indonesia (API)

Arsitektur Perbankan Indonesia (API) merupakan suatu kerangka dasar sistem perbankan Indonesia yang bersifat menyeluruh dan memberikan arah, bentuk, dan tatanan industri perbankan untuk rentang waktu lima sampai sepuluh tahun ke depan. Arah kebijakan pengembangan industri perbankan di masa datang yang dirumuskan dalam API dilandasi oleh visi mencapai suatu sistem perbankan yang sehat, kuat dan efisien guna menciptakan kestabilan sistem keuangan dalam rangka membantu mendorong pertumbuhan ekonomi nasional.



1 komentar:


Download Manga Dan Anime